Sabtu, 19 Mei 2012

Sejarah Es Krim Sundae

Masih pagi, dan ini hari Minggu. Nah, ngomong-ngomong tentang hari Minggu, ada sebuah sejarah tentang hari Minggu nih, yaitu es krim Sundae! Dan juga... saya suka es krim *eh

Sundae adalah es krim sebagai hidangan penutup. Biasanya satu atau beberapa sendok es krim dengan tambahan sirup, buah, atau biskuit di atasnya. Tambahan Sundae atau biasa di sebut Topping bisa juga berupa: taburan kacang, whipped cream, agar-agar, daun mint, atau buah seperti cherry, pisang, atau strawberry.
 
Enak ya.... hiks.



Menurut Kamus Oxford Inggris, asal-usul istilah sundae tidak jelas. Berbagai daerah Amerika diklaim sebagai tempat kelahiran dari es krim sundae. Pengklaimnya termasuk Ithaca, New York, Two Rivers, Wisconsin; Plainfield, Illinois, Evanston, Illinois, New York City, New Orleans, Louisiana, Cleveland, Ohio dan Buffalo, New York.

Ada perdebatan antara Kota Ithaca dan Two Rivers mengenai memiliki hak untuk mengklaim gelar "tempat kelahiran sundae es krim." Ketika walikota Ithaca, Carolyn K. Peterson menyatakan hari untuk merayakan kotanya sebagai tempat kelahiran sundae itu, ia menerima kartu pos dari warga Two Rivers yang mengklaim bahwa kota merekalah tempat kelahiran sundae.

Dari banyak cerita tentang kelahiran sundae itu, ada satu tema yang kerap sama. Yaitu: makanan pengganti es krim biasa dihari minggu. Peter Bird menulis dalam The First Food Empire (2000) bahwa nama 'sundae' diadopsi dari larangan negara bagian Illinois untuk konsumsi es krim pada hari Minggu, karena es krim dengan topping yang menutupi atau menyamarkan produk utama tidak dianggap es krim. Karena es krim dengan topping disajikan di hari minggu (sunday), maka disebut sundae. Selain itu masih banyak versi lain dari asal-usul sundae.


Classic Sundae



Classic Sundae asli berupa es krim Vanilla dengan saus rasa atau sirup, krim kocok, dan ceri cheri diatasnya. Sundae ini biasanya dinamakan dari sirup rasa mereka, sundae ceri, sundae coklat, strawberry sundae dll Soft Serve es krim sering digunakan sebagai pengganti es krim biasa.


Hot Fudge Sundae
Hot fudge sundae adalah variasi dari Classic Sundae dan sering dibuat dari es krim vanili, taburan, saus cokelat panas (karena itu jadi "hot fudge"), kacang-kacangan whipped cream,, dan ceri merah terang tunggal cheri di atas.Hot fudge sundae dapat dibuat dengan rasa es krim. Sebuah es krim sundae karamel adalah sama kecuali bahwa saus karamel panas menggantikan hot fudge. Kadang-kadang selai kacang atau produk lain mengganti hot fudge.

Double Fudge Sundae
Ini seperti Hot Fudge Sundae biasa, kecuali itu dua kali lebih besar dan disajikan di piring besar seperti sepiring banana split. Double Fudge Sundae menggunakan bahan-bahan yang sama yang biasa digunakan hot fudge sundae, termasuk sprinkles, whipped cream, dan cherry cheri di atas.

Turtle Sundae
Kombinasi populer es krim vanili, hot fudge, dan saus karamel, dan biji pecan panggang dikenal sebagai Turtle Sundae.

Black&White

Sundae ini memiliki satu sendok es krim vanila dengan saus cokelat dan satu sendok es krim coklat dengan topping marshmallow.

Sundae Brownies

Sebuah es krim sundae yang dibuat dengan brownies, es krim vanili, sirup coklat, kacang, hot fudge, dan krim kocok, sering atasnya dengan cheri merah. Bisa juga mengganti brownies, seringkali dengan karamel.


Banana Split


Tiga sundae dalam satu, berdampingan antara dua bagian dari pisang,yang diiris memanjang. Termasuk es krim stroberi di atasnya dengan sirup strawberry, coklat es krim atasnya dengan sirup coklat, dan es krim vanili di atasnya dengan nanas. Setiap sendok dihiasi dengan whipped cream dan cherry.


Bananas Foster


Ini adalah sundae yang disajikan bersama pisang dengan rum, minuman keras, dan rempah-rempah.


American Parfait


Ini adalah sundae yang disajikan dalam gelas tinggi diisi dengan lapisan es krim dan bumbu, seperti granola, sirup, atau minuman.




Sumber : Kaskus


And now, what's your favorite?;)

gitagurl

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cute Polka Dotted Pink Bow Tie Ribbon